Penjelasan Umum Stand Up Comedy

APA ITU STAND UP COMEDY ??



Stand up comedy adalah salah satu seni monolog modern yang disusun dengan rapi berbalutkan komedi, humor, atau bahkan sindiran yang sifatnya persuasif dan menghibur bagi para penonton dan pendengarnya. Stand up comedy adalah salah satu bentuk monolog berselimutkan komedi yang sedang digandrungi masyarakat dewasa ini, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan hingga orang dewasa dan lansia yang turut meramaikan perkembangan seni modern yang unik ini. 

Stand up comedy dilakukan oleh satu orang yang berdiri sendiri di atas panggung sembari melakukan monolog persuasif kepada penontonnya yang dibalut rapi dengan komedi dan candaan. Orang tersebut (stand up comedian) juga dapat kita sebut sebagai komik / komika. Sebelum melakukan stand up, seorang komik / komika dituntut untuk membuat materi yang berasal mula dari segala keresahan yang mereka alami ataupun dari segala kondisi/situasi yang mereka lihat / alami.

Dalam stand up comedy, terdapat 3 jenis materi stand up yang dapat digunakan, yakni : inner self materials, outer self materials, dan the world within materials. pembahasan mengenai 3 jenis materi stand up tersebut adalah sebagai berikut.

1. Inner self  materials
Inner self materials adalah materi yang berasal dari keresahan dalam diri kita sendiri / komika itu sendiri (batiniah). sebagai contoh : kebimbangan seseorang ketika harus memilih antara istri tua atau istri muda yang ia miliki, kekecewaan seseorang melihat pacarnya selingkuh, dan lain sebagainya. Jadi, inner self materials bisa didapatkan melalui berbagai keresahan yang kita alami secara personal dalam hidup kita sehari-hari, lalu kita tuangkan keresahan tersebut dalam sebuah pola pikir analitis yang dibangun dengan sentuhan humor dan komedi yang lucu dan menghibur. Salah satu contoh komika yang paling sering menggunakan jenis materi ini adalah Raditya Dika.

2. Outer self materials
Outer self materials adalah jenis materi stand up yang berasal dari keresahan akan kondisi fisik pribadi / secara personal (jasmaniah). Sebagai contoh : keresahan seorang wanita ketika mengetahui berat badannya naik, keresahan seorang ibu muda yang terlihat lebih gemuk setelah melahirkan, dan lain sebagainya. Outer self materials dapat kita peroleh dengan mudah dengan menganalisis segala kondisi fisik yang ada dalam diri kita secara menyeluruh, kemudian mencari bagian fisik mana yang dapat dijadikan sebuah peluang untuk menciptakan suatu bahan komedi yang berkualitas. Contoh komika yang kerap kali menggunakanjenis materi ini antara lain ; Denny Gitong, Yudha Keling, dan Aditya Dani.  

3. The world within materials
The world within materials adalah jenis materi stand up yang bisa kita dapat dari pengamatan universal akan segala hal yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Sebagai contoh : pengamatan kita terhadap perubahan perilaku orang-orang di zaman modern, perilaku para pelaku politik di Negara kita, dan masih banyak lagi. Dalam mengembangkan jenis materi ini, biasanya seorang komika memerlukan kejelian untuk mematahkan segala peristiwa yang dilihat dan / atau dialami menjadi suatu bahan komedi yang menghibur. komedian yang sering menggunakan jenis materi ini cukup banyak, diantaranya; Ryan Adriandhy, Sammy Notaslimboy, dan Rigen (Ricky Gendut).

Demikianlah artikel singkat mengenai penjelasan umum stand up comedy. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang membutuhkan referensi tentang berbagai hal yang menyangkut stand up comedy secara umum. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sajak untuk Lanang

Sajak tentang Kamu - Ini Kisah Perjalanan Waktu tentang Aku dan Kamu