TEMAN ?

Kenapa manusia butuh teman? Apa teman sebegitu pentingnya? Kadang gue pribadi bingung sama diri gue sendiri dan bertanya-tanya kenapa teman-teman gue gak kaya orang-orang ya? Teman yang instagramable banget gitu, bisa dipamerin terutama pas mereka ucapin selamat ulang tahun ke kita dan kita repost lagi story atau feed mereka. Mungkin juga teman yang selalu kasih kejutan ulang tahun ke kita dan terkadang kita pura-pura gak sadar tapi selalu nungguin hal itu dari subuh. Apa emang gue bukan orang yang friendly buat dapet temen dengan mudah ? 

Awal cerita ini terjadi sekitar 3 tahun yang lalu, tepat setelah gua lulus SMA. Saat itu euforia kelulusan berasa banget dong pasti. Gue merasa pengen banget punya banyak temen dan yang ada di pikiran gue saat itu banyak teman ya banyak relasi. Tapi gue sadar saat itu praktik yang terjadi terlalu berlebihan dari yang seharusnya teman lakukan. Ketika libur kelulusan yang panjang saat itu, gue banyak menghabiskan waktu gue di luar rumah, jalan-jalan hampir setiap hari sama temen-temen "deket" gw saat itu. Kenapa gue kutip kata "deket" itu? Nanti akan gue jelaskan ya! hehe.. 

Sebelumnya gua akan jelaskan dulu nih kalo gue berasal dari keluarga yang disiplin, ga pernah namanya keluar malam atau pulang malam. Biasanya jam 6 sore kita uda tutup pintu dan uda mulai istirahat ke kamar masing-masing. Saat liburan panjang kala itu gue punya banyak banget temen, dan gue merasa itu keren! Di mana kita bisa pamer story setiap hari lagi kumpul sama mereka, pokoknya bahagia banget gue saat itu merasa menjadi anak hits yang terkenal dan punya banyak temen. Sampai saat itu, gue berteman dengan orang-orang yang notabene berbeda tradisi keluarga sama gue. Mereka anak-anak malam istilahnya, suka keluar malam, jalan-jalan sampe tengah malam, dan main di rumah temen sampe larut malam. 

Gue merasa mereka segalanya saat itu, kemanapun ada kegiatan gue selalu ikut, di mana ada surprise ulang tahun gue selalu ikut. Apa sih tujuannya ? Selain karena mencari koneksi, saat itu gue berpikir supaya gue dapet surprise balik kalo gue ulang tahun. Supaya apa ? supaya Instagram gue bisa diliat temen-temen gue sebagai orang yang friendly dan disukai banyak orang. Gue melawan tradisi keluarga gue saat itu dengan sering pulang malam, bohong sama om dan nenek gue dengan alasan lagi urus event organizer gue saat itu, padahal lagi main di rumah temen gw. Tidak ada sedikitpun terbesit di pikiran gue buat berhenti pulang malam selama liburan, berhenti jalan-jalan setiap haripun gak terbesit di pikiran gue. Hal yang gue lakukan saat itu hanya meyakinkan nenek gue kalo gue ga berbuat apapun, hanya main di rumah temen, makan pecel lele, that's it. 

Nenek gua sendiri adalah nenek yang sangat protektif sama gue, karena dia merasa gue merupakan cucu paling besarnya yang dirawat dari baru lahir sampe sekarang uda memasuki masa remaja yang dekat dengan pergaulan bebas. Nenek gua sendiri punya trauma tersendiri yang membuat dia sebegitu protektifnya sama gua. 

Saat itu, nenek sama om gue tungguin gue pulang, kadang sampe jam 12 malam mereka belum tidur demi tungguin gua. Gua di luar sana asik ketawa-ketiwi, dibujuk-bujuk supaya jangan dulu pulang sama temen-temen gue. Padahal sih mungkin karena gak ada yang anterin mereka pulang ya pas lagi nongkrong bareng haha.. Wajar sih karena saat itu cuma gua dan satu temen gue yang bawa mobil dan menampung hampir 7-8  orang setiap kali nongkrong. Dan pastinya gak mungkin banget gue meninggalkan mereka tanpa mengantarkan mereka sampe ke gerbang rumahnya (lanjut ke part 2 ya)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sajak untuk Lanang

Sajak tentang Kamu - Ini Kisah Perjalanan Waktu tentang Aku dan Kamu